FROM KEPRI TO THE WORLD - POST PROGRAM ACTIVITY DELEGASI 2019



Post Program Activity PPAN Dan KPN Kepri adalah penepatan  sebuah janji. Pengabdian untuk terus memajukan Negeri. “From Kepri To The World” aksi nyata oleh sekumpulan pemuda yang tergabung dalam naungan organisasi PCMI Kepri khususnya delegasi 2019.
PPA ini dilaksanakan pada 01 Februari 2019 bertempat di Kantor Wilayah Kementrian Pertahanan Kepri di Tanjungpinang. Konsep PPA yang dilaksanakan adalah membedah Buku yang bertemakan "Memasyarakatkan Budi Pekerti Yang Terkandung Dalam Gurindam 12 Raja Ali Haji." Agar para pemuda dan pemudi  Negeri ini semakin cinta literasi. Meneruskan cita-cita luhur sang pahlawan Nasional di bidang  intelektual yaitu Raja Ali Haji.
Sebelum mengimplementasikan PPA di hari - hari sebelumnya para delegasi telah mempersiapkan materi persentasi, buku Gurindam dua belas, snack, spanduk, e-brosur, dan juga promosi di akun media sosial.
 Mengapa kami melakukan bedah buku Gurindam duabelas? karna didalam Gurindam 12 yang berisikan bait-bait sakti. Mengandung petuah dan nasihat dunia akhirat untuk di fahami, diresapi juga diikuti. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil sebenarnya. 
Kegiatan pertama kami adalah pembukaan yang berisikan perkenalan PPA kepada para peserta oleh Rudi Iswanto.
Kegiatan kedua adalah penampilan Gurindam dua belas oleh Putri Syuhada, Allysia Shafira, dan Elvi Rahmi Jelita. Penampilan ini bertujuan agar mengingatkan kembali bait-bait gurindam yang penuh dengan makna kepada para peserta.
Setelah penampilan gurindam masuklah kepada bedah buku gurindam dua belas yang diisi oleh Adi Agus Setiawan, disini juga para delegasi memberikan sesi tanya jawab kepada peserta. Para delegasi memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menyatakan apa aja makna dari bait - bait yang terkandung dalam gurindam dua belas. 



Selanjutnya dilaksanakan games "Acak pasal" Games ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada peserta tentang pasal - pasal yang ada di gurindam dua belas. Jadi, peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok hanya ada satu pemimpin yang bertugas untuk menyusun pasal-pasal tersebut kedalam kertas HVS. Para pemimpin hanya boleh dibantu oleh timnya. Dilarang untuk membuka buku. Seluruh peserta sangatlah bersemangat. Diakhir sesi para delegasi memberikan apresiasi kepada peserta yang menjadi pemimpin games di kelompok.

 

 


Para delgasi 2019 juga ingin berterimakasih kepada Dispora Provinsi Kepri yang selalu menyokong kegiatan kepemudaan yang positif di Provinsi ini. Juga kepada Kanwil Kementerian Pertahanan Provinsi Kepri yang telah bersinergi dalam penguatan budaya literasi serta menerapkan Sistem Kebijakan Pertahanan Negara Demi Tegaknya Kedaulatan NKRI.
Kepada seluruh peserta yang telah mengikuti, semoga dengan seringnya kita berbagi baik fikiran, pengalaman, waktu bahkan ilmu, kita akan dapat menyatukan hati, visi dan misi untuk bersama mewujudkan mimpi. Mengharumkan nama Provinsi Kepri hingga ke mata dunia  dengan torehan prestasi dan keahlian masing-masing diri.





PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment