Krisna Aditya Putra - His Journey has Just Begun.

Inauguration night

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, shalom, om swastiastu, namo budaya, salam kebajikan untuk kita semuanya.

“Jika berhenti bukanlah sebuah pilihan, maka terus melangkah adalah satu-satunya cara mengggapai tujuan dari kehidupan" 

Perkenalkan saya Krisna Aditya Putra, pemuda berusia 22 tahun berasal dari provinsi Kepulaun Riau yang merupakan delegasi Indonesia untuk pertukaran pemuda antar negara program Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP) 2021 - 2022.

 

Sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi saya bisa mengikuti program ini dan menjadi perwakilan Indonesia bersama dengan 33 delegasi dari 32 Provinsi lainnya. Setelah menunggu kurang lebih satu bulan lamanya, tiba waktunya dimana nama saya terpanggil dan dinyatakan sebagai salah satu delegasi Indonesia untuk kegiatan PPAN Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme 2021-2022,   Menjadi delegasi SIYLEP tidak hanya memperluas relasi saya namun juga memberikan privilege untuk diri saya, dari kegiatan ini saya mendapatkan insight baru yang mungkin tidak semua orang bisa mendapatkannya.

 

Kegiatan SIYLEP pada tahun 2021 dilaksanakan secara virtual di ibukota Jakarta dengan mengumpulkan seluruh delegasi Indonesia di satu tempat menggunakan metode travel bubble, pada tahun 2021 tema kegiatan SIYLEP adalah “Climate Change” yang mana tema ini merupakan isu yang sedang hangat di kawasan ASEAN maupun dunia, bahkan saat ini berbagai kegiatan global sedang terfokus pada penanganan isu climate change. Sebagai delegasi perwakilan dari kedua negara singapore dan Indonesia, kami bersama sama melaksanakan kegiatan SIYLEP dengan melakukan banyak diskusi mengenai isu lingkungan di kedua negara (Indonesia & Singapura), diskusi ini pun dikemas dengan beberapa agenda menarik diantaranya:

 


BUILD YOUR DREAM CITY

Kami dibentuk menjadi beberapa grup yang setiap groupnya terdiri dari dua orang delegasi Singapore dan empat orang delegasi Indonesia, kami diberikan tugas untuk membangun dream city kami dalam waktu dua hari. Dalam membangun sebuah dream city, kami berikan animasi pulau yang setiap grup mendapatkan pulau dengan kondisi geografis yang berbeda beserta kendala di tiap pula yang berbeda juga. Kelompok saya memberi nama pulau kami dengan sebutan “HITA City”. Dalam waktu dua hari kami tidak hanya diberikan tugas membangun dream city tetapi juga ada rangkaian webinar dengan materi-materi yang berkaitan dengan sustainability city dari materi yang kami dapatkan itu menjadi referensi kami untuk terus membangun dan membenahi kota yang sedang kami bangun. Nantinya, setelah seluruh grup selesai membangun kota impian mereka akan ada presentasi untuk pemilihan dream city terbaik yang bisa di jadikan referensi untuk pembangunan sebuah kota berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

 

FOCUS GROUP DISCUSSION

Kegiatan lainnya kami melakukan FGD untuk membahas permasalahan-permasalahan lingkungan berserta solusi yang dapat diberikan kedepannya. Adapun permasalahan yang menjadi fokus dari kegiatan SIYLEP adalah perubahan iklim yang terjadi didunia saat ini, kita ketahui bahwa Indonesia dan Singapore merupakan Negara kepulauan dimana perubahan iklim akan sangat berdampak bagi kedua Negara ini terutama naiknya permukaan air laut dan juga bencana alam yang sering terjadi. Dengan FGD ini delegasi Indonesia dan Singapore saling bertukar informasi mengenai permasalahan di kedua Negara dan juga solusi-solusi yang sudah dilakukan oleh masing-masing Negara. Di lain sisi, kami juga bersama-sama memberikan ide dan respon terhadap permasalahan yang ada.  

 

FALLEN DRAGON’S LOST TREASURE ACTIVITY

Untuk membuat suasana lebih bervariasi, juga ada kegiatan games “treasure hunt” dimana setiap grup berlomba mencari harta karun yang di tinggalkan oleh seekor naga. Games ini dilakukan secara online, kegiatan ini sangat interaktif walaupun di laksanakan secara virtual. Walaupun dilakukan secara online kehebohan dari tiap delegasi Indonesia maupun Singapore sangat terasa, kami harus berkoordinasi dan juga membangun strategi bersama dalam menemukan harta karun tersebut dan dalam games ini grup saya menjadi pemenangnya.

 

POST-PROGRAM ACTIVITY

Terakhir kami mengadakan penyusunan project social yang berfokus pada lingkungan sebagai aksi nyata kami menanggapi perubahan iklim. Melalui project ini saya berperan sebagai community development dan Steering Committee yang membawahi dua divisi, nantinya program kami akan di laksanakan di kepulauan seribu sebagai target wilayah pilihan. Harapanya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi aksi nyata kita sebagai pemuda untuk melawan perubahan iklim dan menjadi kegiatan yang berkelanjutan.

 


Teman-teman sekalian, mengikuti pertukaran pemuda antar negara adalah pencapaian tertinggi bagi saya, bukan hanya wawasan, relasi yang luas, tetapi bagaimana cara membentuk kepribadian yang global, membangun karakter yang berintegritas, berfikir kritis terhadap keadaan sekitar dan menjadi wadah nyata untuk berkontribusi secara lebih global untuk negara kita. Jangan berfikir kita harus menunggu kesempatan itu datang kepada diri kita, tapi bentuklah kesempatan itu dengan usaha dan doa yang kita langitkan. Sekian!

Terima Kasih kepada Dispora Provinsi Kepulauan Riau dan PCMI Kepri yang telah mempercayakan amanah ini kepada saya, terima kasih juga kepada Kemenpora RI yang telah memberikan amanah dan juga menyelenggarakan program PPAN, terima kasih kepada orang tua dan teman-teman yang terus mendukung dan mendoakan dari proses hingga selesainya program ini, yang terakhir terima kasih kepada teman-teman SIYLEP yang saling membantu dan menyemangati dari awal hingga akhir program. 

 

Terima kasih

SIYLEP!

Inspire the generation!




PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment