Adi Agus Setiawan - Dimulai dari NOL~




Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Salam sejahtera untuk kita semua, generasi muda Indonesia
Perkenalkan nama saya Adi Agus Setiawan, anak pertama dari 3 bersaudara, seorang anak muda yang tumbuh dan besar di sebuah kota kecil bernama tanjung uban yang masih masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Dalam tulisan ini saya ingin berbagi cerita kepada netizen yang budiman, walaupun di dalam tulisan ini pada tiap baris di tiap paragrafnya tidak melulu bercerita tentang kisah cinta sepasang anak muda ala fiersa besari, namun ada sebuah makna yang saya dapat dalam kegiatan ini dan pada kesempatan ini juga saya akan berbagi cerita karena pada prinsipnya kita akan selamat bila menyampaikan hal-hal yang bermanfaat agar tidak terjerumus akan hal-hal yang mudharat. sebuah kegiatan yang membuat saya berfikir kembali untuk melakukan hal-hal yang bukan saja memiliki dampak negative bagi manusia, tapi juga bagi seluruh penghuni alam semesta. 


Sebuah kegiatan yang diikuti oleh anak-anak muda indonesia, menjadi wakil Indonesia sebagai Duta Muda Indonesia di berbagai kesempatan perundingan dalam upaya mencari solusi konkrit pemecahan persoalan di dunia pada era konteks kekinian yang menciri khaskan generasi millenial jaman now yang dinamakan SINGAPORE-INDONESIA YOUTH LEADERS EXCHANGE PROGRAMME (SIYLEP) 2019.
            Dalam program ini ada banyak sekali hal-hal baru yang saya temui dan menjadi new experience dalam fase kehidupan seorang adi, dimulai dari Pre Departure Training (PDT) yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI kami mulai membahas dan mengkaji tentang segala hal yang menyangkut tentang manusia, lebih lanjut tentang alam semesta beserta seluruh isi penghuninya. Kami membahas tentang kelangsungan hidup ummat manusia di mata dunia, bagaimana mencari solusi dalam menghentikan percepatan perubahan iklim yang menerpa hingga menjadi juru kunci dalam setiap perundingan-perundingan dalam upaya perdamaian dunia. Kami juga melakukan berbagai kunjungan kelembagaan dan pada penghujung program kami masuk kepada fase homestay family, seorang bapak asuh yang membuat 360 derajat pemikiran saya tentang bumi beserta seluruh isinya, tentang pengaruh gaya hidup serta titik balik spiritualitas seorang manusia.
            


And finally, sebagai anak muda yang berasal dari sebuah pulau di gerbang perbatasan Indonesia, saya merasa sangat bersyukur dan bangga atas pengalaman hdup sejauh ini, mewakili Indonesia diajang pertukaran pemuda antar negara, pengalaman menakjubkan ini tidak akan pernah saya dapatkan jika tidak disertai dengan doa dan dukungan dari Ibu dan Bapak saya.


Adi Agus Setiawan
Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Program 2019

PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment